Sabtu, 23 April 2011

ternak ayam untuk pemula

          untuk memulai ternak ayam kampung,lebih baik anda menggunakan indukan dan pejantan yang anda pelihara sendiri.anda bisa memilih indukan dan pejantan yang kualitasnya baik.jadi anda bisa menjamin bagaimana kualitas ternakan anda sendiri nantinya.apalagi bagi anda yang baru ingin memulai menggeluti usaha ternak ayam kampung.biasanya untuk pemula masih takut untuk resiko kematian DOC ayam.

       untuk pertama anda bisa langsung beli indukan yang kualitasnya baik di pasar ato bisa anda dapat langsung di peternakan ayam terdekat di kota anda.satu pejantan bisa untuk indukan lima ekor.untuk setiap indukan rata2 bisa menghasilkan telur sampai 12 telur,klo 5 indukan sudah ada 60 telur ayam kampung tetas kualitas baik.
setelah telur2 ayam menetas,maka segera pisahkan dari indukannya dan tempatkan di kandang yang sudah di siapkan dengan penghangatnya.dengan cara ini maka akan mempercepat indukannya untuk bisa bertelur lagi dan menghasilkan DOC ayam lagi.untuk mendapatkan hasil yang baik,perlu di perhatikan juga pakannya,kebersihan kandang dan tempat pakannya juga.klo ayam2 anda pelihara dengan baik,maka dlm waktu 2 minggu ayam2 anda sudah bisa mencapai 7-8ons dengan harga 10-15 rb.
untuk angka kematian DOC ayam kampung lebih sedikit.karena dari kekebalan,ayam kampung lebih kebal terhadap penyakit di banding dengan ayam ras ato ayam negri.
klo ternak ayam anda pelihara dengan sempurna,,maka anda akan menuai hasilnya.dan pasti anda akan ketagihan untuk mencoba beternak dengan kapasitas yg lebih banyak lagi.
selamat mencoba ........smoga sukses

Tidak ada komentar:

Posting Komentar